5 Tips Membeli Rumah Pertama, Milenial dan Pasangan Muda Wajib Tahu

5 Tips Membeli Rumah Pertama, Milenial dan Pasangan Muda Wajib Tahu

Jakarta: Membeli rumah dan memiliki tempat tinggal adalah tujuan setiap orang. Apalagi kalau Anda sudah menabung dalam waktu yang lama demi rumah yang nyaman dan sesuai impian.

Maka dari itu, jangan asal dan sembarangan memilih dan membeli rumah pertama. Ada sejumlah hal krusial yang harus dipikirkan secara matang sebelum membeli hunian pertama dengan sukses. Apa saja sih? Simak 5 tips membeli rumah pertama bagi milenial dan pasangan muda, dikutip dari berbagai sumber:

1. Lokasi, fasilitas, dan lingkungan sekitar

Tips memilih rumah yang paling utama ialah lokasi. Sebab, lokasi akan memengaruhi harga rumah. Lokasi yang strategis tentu akan membuat Anda harus mengeluarkan bujet yang tidak sedikit.

Sebaliknya, jika memilih rumah yang berada di pinggiran kota, biasanya harga relatif lebih murah. Tak ada salahnya memilih rumah yang ada di pinggiran kota jika memiliki akses yang mudah untuk transportasi publik dan fasilitas sosial lainnya.

Ada baiknya juga memilih rumah yang dekat dengan lokasi kerja Anda. Sehingga akan memperpendek waktu perjalanan Anda ke kantor. Perhatikan pula akses jalan ke area hunian Anda. Usahakan memilih rumah dengan akses jalan yang mudah, ya!

2. Pilih developer terpercaya

Sebelum membeli rumah pertama, Anda harus memastikan latar belakang developer yang mengembangkan hunian tersebut. Sudah berapa banyak hunian yang sukses dikembangkan developer itu? Apakah nama developer sudah dikenal?

Bagaimana dengan surat izin pembangunan properti dan legalitas bangunan properti di hunian tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini penting untuk diperhatikan sebelum membeli rumah melalui developer.

3. Pertimbangkan harga yang ditawarkan

Ketika developer sudah menawarkan hunian, usahakan jangan langsung menerima. Pertimbangkan harga yang ditawarkan developer, apakah harga tersebut sudah sesuai dengan rumah yang dikembangkan?

Apakah rumah yang Anda pilih menggunakan bahan material yang sesuai dengan harga jual atau tidak. Anda juga perlu membandingkan harga pasar properti sebagai dasar pertimbangan, sehingga Anda tidak merasa rugi dan mendapat rumah pertama sesuai impian Anda.

4. Sesuaikan dengan bujet Anda

Pilihlah rumah yang menurut Anda nyaman dan bisa memenuhi kebutuhan Anda. Meski begitu, Anda juga harus menyesuaikan kebutuhan dengan bujet yang dimiliki.

Jika bujet tidak terlalu besar, Anda bisa mendapatkan rumah subsidi dengan harga terjangkau. Ingat, tips membeli rumah subsidi yang terpenting ialah legalitas tanah dan reputasi pihak developer.

5. Pertimbangkan besaran uang muka

Jika Anda membeli rumah dengan sistem kredit, maka pertimbangkan besar uang muka yang bisa Anda bayarkan. Anda harus bisa memastikan bahwa Anda bisa membayar sisa angsuran-angsuran selanjutnya dari uang muka yang disepakati.

Selain itu, Anda juga perlu menyisihkan uang untuk membeli perabotan baru dan keperluan rumah tangga lainnya. Jangan sampai uang Anda habis untuk membayar sisa angsuran dan malah mempersulit kehidupan Anda.

Jika Anda masih bingung menentukan bujet untuk beli rumah, Anda bisa meminta bantuan profesional seperti agen properti. Agen properti bisa memberikan saran dan informasi mengenai hunian yang paling sesuai dengan keinginan dan bujet Anda. Itu dia 5 tips membeli rumah pertama untuk milenial dan pasangan muda, semoga bermanfaat!

 

 

sumber : https://www.medcom.id/properti/tips-properti/0KvgBApN-5-tips-membeli-rumah-pertama-milenial-dan-pasangan-muda-wajib-tahu

Related post

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan peraturan turunan UU No. 11 Tahun 2020 (UU Cipta Kerja) bidang perumahan. UU…
Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor Di Tengah Gelombang Kedua Covid-19?

Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor…

Di paruh pertama 2021, pasar perumahan India tumbuh secara meyakinkan dibanding tahun 2020. Berdasarkan sejumlah data yang dikumpulkan dari Knight Frank…
Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Seluruh subsektor properti di Thailand kecuali kawasan industri dan logistik, diprediksi akan menghadapi perlambatan pasar setidaknya hingga 18 bulan ke depan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *