7 Kota Terbaik untuk Berbisnis di Indonesia

7 Kota Terbaik untuk Berbisnis di Indonesia

JAKARTA – 7 kota terbaik untuk berbisnis di Indonesia sering kali dijadikan pertimbangan bagi para pebisnis dalam pemilihan lokasi. Pasalnya, penentuan lokasi merupakan hal yang patut diperhatikan demi kelancaran usaha.

Jika sasaran tempat bisnis yang dipilih sudah tepat, maka potensial bisnis juga akan bagus untuk perkembangan usaha yang dijalani ke depannya. Berbagai bidang usaha pun kini berkembang, mulai dari fashion, kuliner, travel, hingga penyedia jasa.

Berikut tujuh kota terbaik untuk berbisnis di Indonesia, yang telah dirangkum oleh Okezone, Jakarta, Rabu (24/11/2021):

1. DKI Jakarta

DKI Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara, dengan daya tarik para investor asing mengembangkan investasi. Pusat ekonomi di Indonesia ini memiliki peluang bisnis yang besar dan paling strategis untuk membuka usaha dengan beragam jenis usaha yang Anda ingin rintis.

2. Bandung

Kota Bandung berada di sektor industri pendidikan dan kreatif. Selain itu, dikenal dengan universitas dan pengembangan industri kreatif kelas atas seperti arsitektur, desain, IT, film, fashion, dan bidang lainnya. Kawasan perbelanjaan di sana juga banyak dan ramai dikunjungi sehingga membuka peluang berkembangnya bisnis ritel. Bandung sebagai kota berpotensi dalam berbisnis dengan alasan antara lain tempat untuk industri kreatif, tidak butuh banyak ruang, sumber daya manusia yang berkualitas, koneksi internet bagus dan lingkungan yang hebat bagi perusahaan teknologi.

3. Surabaya

Sebagai kota dengan jumlah populasi sekitar 2,8 juta, telah berhasil menarik investor asing untuk berbisnis. Dengan infrastruktur pendukung, termasuk sistem transportasi untuk melayani perjalanan lokal maupun internasional. Untuk potensi bisnis, Surabaya memiliki beberapa bidang yakni perusahaan manufaktur, sektor pertanian, bisnis konstruksi hingga sektor ritel.

4. Medan

Medan memiliki lokasi yang strategis, pelabuhan dan bandara internasional sehingga lebih mudah bagi perusahaan dagang untuk masuk ke pasar Indonesia. Terdapat potensi berbisnis di Medan karena lokasi strategis, memiliki lahan subur, cocok untuk sektor pertanian, salah satu tempat tujuan belanja, banyak destinasi wisata dan dekat Singapura.

5. Palembang

Data menyebut, Palembang adalah kota dengan pendapatan per kapita terbesar di Indonesia. Lokasi strategis dan kaya akan sumber daya alam, terutama bara. Kota ini juga telah diprioritaskan dalam pengembangan pelabuhan dan perkeretaapian yang memudahkan proses logistik. Selain itu, memiliki sektor pertanian yang maju.

6. Semarang

Semarang sebagai pasar utama di provinsi Jawa Tengah yang memiliki jalur distribusi memadai baik untuk pasar nasional maupun internasional. Kemudahan jalur akses beberapa bidang bisnis yang dapat dikembangkan antara lain industri makanan, industri tekstil, industri perdagangan, logam dan mesin, industri perhotelan dan industri kimia.

7. Makassar

Kota yang bisa dijadikan pertimbangan lokasi bisnis ini berada di daerah timur Indonesia. Makassar diakui Kemenpora sebagai kota layak pemuda. Ada komunitas yang digerakkan anak muda di Makassar. Dengan peluang yang bagus untuk bisnis. Area wisata di Makassar bisa dijadikan lahan bisnis, Anda bisa mencoba membuka usaha kekinian kreatif yang cocok dengan anak muda.

 

 

 

sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/11/24/470/2506780/7-kota-terbaik-untuk-berbisnis-di-indonesia.

Related post

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan peraturan turunan UU No. 11 Tahun 2020 (UU Cipta Kerja) bidang perumahan. UU…
Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor Di Tengah Gelombang Kedua Covid-19?

Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor…

Di paruh pertama 2021, pasar perumahan India tumbuh secara meyakinkan dibanding tahun 2020. Berdasarkan sejumlah data yang dikumpulkan dari Knight Frank…
Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Seluruh subsektor properti di Thailand kecuali kawasan industri dan logistik, diprediksi akan menghadapi perlambatan pasar setidaknya hingga 18 bulan ke depan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *