99 Group: Minat Properti Indonesia Timur Naik, Papua Barat Sampai 694 Persen

99 Group: Minat Properti Indonesia Timur Naik, Papua Barat Sampai 694 Persen

Perusahaan teknologi real estate, 99 Group Indonesia, mencatat minat terhadap lokasi properti di Indonesia Timur tumbuh paling tinggi sepanjang semester pertama 2021 ini dibandingkan tahun lalu. Salah satunya seperti di Papua Barat yang melonjak hingga 694 persen.

“Ini yang menurut kami, fenomenanya yang ga bisa dianggap sepele, walau jumlah baseline-nya beda,” kata Deputy CEO 99 Group Indonesia, Wasudewan, dalam acara BeritaSatu Economic Outlook 2022 pada Selasa, 23 November 2021.

Di bawah Papua Barat, ada Maluku Utara 625 persen, Papua 445 persen, Gorontalo 162 persen, dan baru di bawahnya Jawa Barat 82 persen. Ini adalah lima lokasi dengan pertumbuhan minat tertinggi dari para pencari properti yang dicatat oleh 99 Group.

Adapun pertumbuhan minat pencairan properti beberapa provinsi di luar lima tersebut yaitu Yogyakarta 66 persen, Banten 57 persen, Jambi 49 persen, dan Bali 45 persen. Sementara, DKI Jakarta hanya 41 persen.

Padahal selama ini, kata Wasudewan, para pencari properti hanya fokus melihat kawasan Jabodetabek saja. Ia menilai kenaikan minat di Indonesia Timur ini tak lepas dari alokasi penempatan modal, baik asing dan domestik, di luar Jawa yang sudah mencapai 51 persen.

Sehingga, tren ini direspons oleh pencari properti di Tanah Air. “Mereka ingin mendapatkan first mover advantage, jadi pembangunan infrastruktur dan investasi di luar Jawa, ternyata menjadi satu indikator menarik buat para pencari properti,” kata dia.

Sebelumnya dalam acara yang sama, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia juga telah menjelaskan realisasi investasi Januari hingga September 2021 mencapai Rp 659,4 triliun. Porsi luar Jawa pun mencapai Rp 340,7 triliun atau 51,7 persen.

Di sisi lain, 99 Group yang kini berbasis di Singapura dn Indonesia juga sebelumnya ikut menyediakan informasi soal properti di luar Jawa. Salah satunya saat 99 Group dan Real Estate Indonesia (REI) meluncurkan situs informasi terintegrasi seputar Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur pada 12 November 2021.

VP of Marketing 99 Group Indonesia Bharat Buxani menyebut saat itu fokus utama yang disorot oleh 99 Group dan REI adalah penyajian informasi berbasis data properti yang komprehensif, akurat dan mudah digunakan “Hal inilah yang menjadi landasan kami bersama REI didukung oleh Bappenas meluncurkan informasi ini,” kata dia.

 

 

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1531649/99-group-minat-properti-indonesia-timur-naik-papua-barat-sampai-694-persen

 

Related post

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan peraturan turunan UU No. 11 Tahun 2020 (UU Cipta Kerja) bidang perumahan. UU…
Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor Di Tengah Gelombang Kedua Covid-19?

Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor…

Di paruh pertama 2021, pasar perumahan India tumbuh secara meyakinkan dibanding tahun 2020. Berdasarkan sejumlah data yang dikumpulkan dari Knight Frank…
Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Seluruh subsektor properti di Thailand kecuali kawasan industri dan logistik, diprediksi akan menghadapi perlambatan pasar setidaknya hingga 18 bulan ke depan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *