BI: Penyaluran KPR di Oktober 2021 Meningkat 8,87%

BI: Penyaluran KPR di Oktober 2021 Meningkat 8,87%

Jakarta, Properti Indonesia – Bank Indonesia (BI) mencatatkan penyaluran kredit baru pada Oktober 2021 terindikasi tetap tumbuh positif. Berdasarkan kelompok bank, pertumbuhan penyaluran kredit baru pada Oktober 2021 diperkirakan terjadi pada seluruh kategori bank.

Sementara itu, untuk keseluruhan periode triwulan IV 2021, penyaluran kredit baru diperkirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo juga menyampaikan, meningkatnya penyaluran kredit konsumsi di bulan Oktober 2021 didukung dari penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) yang tumbuh 8,87 persen.

“KPR terus mencatat pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 8,87 persen (year on year). Sementara itu, pertumbuhan kredit UMKM meningkat lebih tinggi dari rata-rata peningkatan kredit, yaitu menjadi sebesar 3,04 persen (yoy),” ujar Perry dalam Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan, Kamis (18/11).

Lanjutnya, perkembangan tersebut mencerminkan perbaikan di sektor riil dan dunia usaha termasuk UMKM. Bank Indonesia juga akan terus melanjutkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif serta sinergi kebijakan dengan pemerintah dan mendorong otoritas lain di sektor keuangan untuk mendorong peningkatan kredit perbankan.

Kenaikan penyaluran kredit sejalan dengan penurunan suku bunga dasar kredit (SBDK) perbankan, khususnya untuk penyaluran kredit baru. BI akan mendorong perbankan untuk melanjutkan penurunan suku bunga kredit ke depannya, yang merupakan upaya bank sentral untuk mendorong penyaluran kredit untuk dunia usaha.

 

 

 

Link: https://propertiindonesia.id/post/bi-penyaluran-kpr-di-oktober-2021-meningkat-887

Related post

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan peraturan turunan UU No. 11 Tahun 2020 (UU Cipta Kerja) bidang perumahan. UU…
Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor Di Tengah Gelombang Kedua Covid-19?

Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor…

Di paruh pertama 2021, pasar perumahan India tumbuh secara meyakinkan dibanding tahun 2020. Berdasarkan sejumlah data yang dikumpulkan dari Knight Frank…
Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Seluruh subsektor properti di Thailand kecuali kawasan industri dan logistik, diprediksi akan menghadapi perlambatan pasar setidaknya hingga 18 bulan ke depan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *