Lakukan Hal-hal Berikut Sebelum Renovasi Rumah

Lakukan Hal-hal Berikut Sebelum Renovasi Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Jika rumah Anda terasa sedikit sempit akhir-akhir ini, menambahkan ruangan adalah cara yang baik untuk meningkatkan nilai rumah dan membuatnya nyaman dihuni.  Harus diingat, melakukan renovasi rumah membutuhkan anggaran yang tidak sedikit sehingga Anda perlu menyisihkan dana khusus.

Namun untuk menekan pengeluaran, Anda bisa melakukan renovasi secara bertahap sehingga tidak sekaligus menghabiskan dana besar.

Sebelum melakukan proyek perbesaran rumah, berikut beberapa hal yang wajib Anda lakukan agar bisa melakukan renovasi sesuai kebutuhan.

1.Tentukan jenis ruangan

Pilih jenis ruangan yang ingin Anda tambahkan ke rumah Anda, berdasarkan kebutuhan spesifik Anda dan ukuran kavling properti.

Karena itu, buatlah anggaran untuk proyek perluasan. Tetapkan jumlah maksimum untuk dibelanjakan pada proyek, termasuk biaya desain dan bangunan.

2. Buat sketsa Buatlah sketsa penambahan pada peta kavling properti Anda yang berisi denah rumah Anda. Gambarkan skala tambahan sehingga Anda memiliki representasi akurat untuk penempatan ruangan tambahan yang Anda inginkan.

3. Hubungi kontraktor Hubungi beberapa kontraktor renovasi berlisensi untuk perkiraan biaya bangunan tambahan.

Biarkan mereka mempelajari rencana Anda untuk mendapatkan perkiraan yang lebih akurat. Biaya renovasi yang ditawarkan akan bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran kamar. Dapatkan penawaran harga serta perkiraan biaya total dari tiap kontraktor untuk perbandingan dan pilih mana harga dan kualitas yang Anda inginkan. Tandatangani kontrak dengan kontraktor untuk mulai mengerjakan penambahan ruangan pada hunian Anda. Pastikan kontrak mencakup perkiraan biaya, waktu mulai dan waktu penyelesaian.

4. Cek aturan pembangunan Sebelum kontraktor mulai bekerja, lakukan pengecekan apakah daerah tempat tinggal Anda butuh izin dari pemerintah setempat untuk melakukan renovasi rumah. Bila butuh izin, segera urus ke otoritas terkait dan pastikan sudah mendapatkannya sebelum rencana renovasi dimulai.

 

Link: https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/19/093142121/lakukan-hal-hal-berikut-sebelum-renovasi-rumah?page=2

Related post

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan peraturan turunan UU No. 11 Tahun 2020 (UU Cipta Kerja) bidang perumahan. UU…
Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor Di Tengah Gelombang Kedua Covid-19?

Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor…

Di paruh pertama 2021, pasar perumahan India tumbuh secara meyakinkan dibanding tahun 2020. Berdasarkan sejumlah data yang dikumpulkan dari Knight Frank…
Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Seluruh subsektor properti di Thailand kecuali kawasan industri dan logistik, diprediksi akan menghadapi perlambatan pasar setidaknya hingga 18 bulan ke depan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *