Seperti Ini Broker Properti Dorong Peningkatan Bisnis Properti

Seperti Ini Broker Properti Dorong Peningkatan Bisnis Properti

Dukungan dari pemerintah terhadap usaha broker properti menjadi perhatian dan tantangan tersendiri untuk kalangan broker khususnya yang tergabung di Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi). Broker properti menjadi bagian penting dari industri properti dan untuk itu harus terus didorong untuk kemajuan sektor properti nasional.

Menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Arebi Lukas Bong, untuk memajukan industri broker properti di Indonesia tetap membutuhkan perhatian pemerintah. Saat ini regulator atau pemerintah masih belum mengatur banyak terkait aktivitas industri kebrokeran di tanah air.

“Pada awal tahun 2021 tentu kita ingat saat keluar aturan mengenai pencabutan ketentuan yang mewajibkan perusahaan agen properti memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti atau SIU-P4. Kami setuju karena SIU-P4 ini mengatur perusahaan agen properti wajib memiliki dua tenaga ahli bersertifikat dan dengan dicabutnya aturan ini otomatis tenaga ahli tidak diperlukan lagi,” katanya.

Aturan SIU-P4 ini seharusnya tidak perlu karena setiap agen properti memang merupakan profesional

dan ahli di bidangnya dan wajib memiliki sertifikat maupun berlisensi. Dengan begitu setiap pengguna jasa broker properti dipastikan akan mendapatkan jasa yang baik dan profesional sebagaimana kita mendapatkan jasa pengobatan dari dokter maupun hukum dari pengacara.

Dengan sertifikasi broker properti juga bisa menjadi salah satu upaya untuk penertiban hingga memberantas mafia tanah khususnya dari kalangan broker properti bodong. Dengan begitu pemerintah seharusnya mendukung dengan membuat aturan yang mendorong kemajuan industri broker properti salah satunya dengan sertifikasi untuk memastikann setiap broker properti profesional di bidangnya.

Lukas menyebut, Arebi sendiri akan terus mendorong regulator untuk mewajibkan sertifikasi bagi setiap individu yang terjun di industri broker properti. Dengan begitu bisa dipastikan setiap broker properti memberikan pelayanan yang proper dan profesional bgi masyarakat pengguna jasanya.

Broker properti yang profesional akan membuat masyarakat pengguna jasa merasa puas dan akan

semakin banyak jasa broker properti yang digunakan dan membuat industri properti berkembang. Broker properti juga telah terbukti bisa membukukan penjualan yang lebih besar dibandingkan marketing in-house perusahaan developer.

“Kami akan terus mendorong supaya broker properti memiliki sertifikat maupun lisensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Broker Properti Indonesia (BPI). Kami optimistis bisnis properti akan semakin kencang pada tahun depan karena pandemi Covid-19 yang sudah bisa tertangani dan berbagai program stimulus pemerintah untuk kemajuan sektor properti,” pungkasnya.

 


Sumber : https://www.rumah.com/berita-properti/2021/11/202449/seperti-ini-broker-properti-dorong-peningkatan-bisnis-properti

Related post

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan peraturan turunan UU No. 11 Tahun 2020 (UU Cipta Kerja) bidang perumahan. UU…
Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor Di Tengah Gelombang Kedua Covid-19?

Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor…

Di paruh pertama 2021, pasar perumahan India tumbuh secara meyakinkan dibanding tahun 2020. Berdasarkan sejumlah data yang dikumpulkan dari Knight Frank…
Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Seluruh subsektor properti di Thailand kecuali kawasan industri dan logistik, diprediksi akan menghadapi perlambatan pasar setidaknya hingga 18 bulan ke depan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *