Tata Ruang Kantor – Arti, Jenis, Asas, Tujuan dan Manfaat

Tata Ruang Kantor – Arti, Jenis, Asas, Tujuan dan Manfaat

Membangun sebuah kantor yang nyaman tentu membutuhkan tata ruang yang baik. Pemilihan desain kantor ini biasanya disesuaikan dengan bidang perusahaan dan apa saja yang dibutuhkan. Pasalnya, tata ruang juga bisa mempengaruhi efektivitas dan produktivitas dari pekerjanya. Agar tidak salah dalam merancang layout tata ruang kantor, simak panduan mengenai penataan ruang kantor dari Prospeku kali ini.

Pengertian Tata Ruang Kantor

Penataan ruang kantor ternyata ikut berpengaruh terhadap citra perusahaan. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut. Lalu apa pengertian tata ruang kantor itu? Tata ruang kantor adalah pengaturan ruangan, perabotan, mesin dan sebagainya dalam suatu kantor atau perusahaan.

Ada pula beberapa ahli yang memiliki definisi mengenai tata ruang dalam kantor. Salah satunya adalah George Terry, menurutnya tata ruang dalam kantor merupakan penentuan terkait keperluan-keperluan dalam penggunaan ruangan secara detail dan rinci dari ruangan tersebut guna mempersiapkan susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap penting dalam pelaksanaan kerja perkantoran dan dengan biaya yang cukup.

Pada intinya, pengertian tata ruang kantor adalah rancangan segala perlengkapan kantor serta pembagian ruangan pegawai di tempat yang tepat sehingga tercipta suasana nyaman untuk mencapai efisiensi kerja.

Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor

Memilih jenis tata ruang kantor yang akan diterapkan perlu ada penyesuaian dengan kebutuhan perusahaan serta daya tampung karyawan. Semakin banyak karyawan, maka Anda harus pintar-pintar mengatur ruangan tersebut agar tidak terkesan penuh dan tetap nyaman. Berikut jenis-jenis tata ruang kantor yang bisa Anda aplikasikan untuk perusahaan Anda:

1. Tata Ruang Bersekat (cubicle type offices)

Jenis jenis tata ruang kantor yang pertama ini akan membuat pegawai lebih memiliki privasi, karena meja kerja mereka terpisah oleh sekat-sekat sehingga tidak mudah terganggu oleh orang lain. Kelebihan dari bentuk tata ruang ini bisa memberikan suasana ruang kerja yang lebih pribadi dan tenang untuk pegawainya, dengan begitu para pegawai akan lebih berkonsentrasi dan bekerja dengan maksimal. Namun, kekurangannya adalah komunikasi akan sedikit terhambat karena adanya halangan dan juga ruangan akan terkesan lebih sempit karena banyaknya sekat pemisah.

2. Tata Ruang Terbuka (open plan)

Berkebalikan dengan konsep cubicle, jenis tata ruang ini dirancang tanpa pemisah di setiap meja kerja pekerja. Dengan tata ruang kantor terbuka, ruangan jadi terlihat lebih luas, bebas dan santai. Komunikasi antar pegawai juga tidak terhalang. Ruang meeting pada kantor jenis ini biasanya menggunakan sekat ruangan berupa kaca, sehingga tidak memberikan kesan yang sempit.

Biasanya konsep terbuka seperti pada gambar tata ruang kantor di atas diterapkan oleh perusahaan-perusahaan start-up. Namun, penerapan konsep ini juga memiliki kekurangan diantaranya suasana yang cenderung berisik dan juga bisa mengganggu konsentrasi dalam bekerja, serta kurang adanya privasi antar pekerja.

3. Tata Ruang Panorama (Landscape Offices)

Jenis tata ruang inilah yang bisa dibilang paling unik dan menyegarkan karena banyak menggunakan ornamen bunga atau tumbuhan lain untuk mempercantik ruangannya. Bagi Anda yang menginginkan ruang kerja yang tidak monoton dan serasa di cafe, Anda bisa menerapkan inspirasi yang satu ini. Bentuk tata ruang kantor landscape office ini cocok untuk perusahaan di bidang kreatif atau hiburan. Diluar kelebihannya yang bisa menciptakan suasana lebih fresh, namun konsep ini juga memiliki kekurangan yaitu tenaga dan biaya perawatannya yang sedikit rumit.

4. Tata Ruang Gabungan (Mixed Office)

Jika Anda merasa bingung untuk memilih jenis tata ruang yang mana, Anda bisa menerapkan konsep gabungan seperti gambar tata ruang kantor di atas. Bentuk yang satu ini memungkinkan Anda bisa merasakan seluruh nuansa jenis tata ruang. Kelebihan dari konsep ini adalah tampilannya yang dinamis dan tidak kaku, Anda Juga bisa mendapatkan kelebihan dari jenis-jenis tata ruang kantor yang lain. Namun, karena memakai konsep gabungan tentu saja biaya pembangunan akan sedikit lebih mahal dan harus dengan bantuan ahli agar tidak menjadi desain yang sembarangan.

Asas

Untuk menciptakan layout tata ruang kantor yang sesuai Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting, salah satunya adalah asas tata ruang kantor. Menurut Richard Muther, terdapat 6 asas tata ruang kantor yang bisa menjadi pedoman Anda.

1. Asas jarak terpendek

Asas jarak terpendek adalah penempatan perlengkapan dan perabotan kantor yang menunjang pekerjaan tertentu diletakkan di lokasi yang berdekatan untuk menghemat waktu agar pekerjaan lebih efektif.

2. Asas rangkaian kerja

Berdasarkan asas ini, tata ruang yang baik yaitu yang bisa menempatkan perlengkapan berdasarkan rangkaian yang sejalan dengan urutan penyelesaian pekerjaan. Masih berhubungan dengan asas jarak terpendek, asas ini juga mendukung bahwa alat yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan harus diletakkan di tempat terjangkau.

3. Asas penggunaan segenap ruangan

Jika Anda memiliki ruang kantor yang tidak begitu besar, maka asas ini patut Anda terapkan. Asas segenap ruangan adalah asas yang digunakan untuk menata ruangan dengan memaksimalkan seluruh ruangan yang ada. Dalam asas ini, tidak ada ruangan yang kosong atau tidak terpakai.

4. Asas perubahan susunan tempat kerja

Menurut asas ini, tata ruang yang baik adalah penataan ruang yang bisa disusun kembali dengan mudah tanpa memerlukan waktu yang banyak dan biaya yang besar. Perubahan ini biasanya dilakukan dengan tujuan membuat suasana baru dalam kantor untuk menghilangkan rasa bosan.

5. Asas integrasi kegiatan

Asas integrasi kegiatan menyebutkan bahwa tata ruang dan peralatan harus menyatukan kegiatan di seluruh divisi. Dengan begitu, seluruhnya akan saling berkaitan dan terintegrasi dengan harmonis. Hal ini akan membuat pekerjaan terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan.

6. Asas keamanan dan kepuasan kerja bagi pegawai

Asas tata ruang kantor yang satu ini adalah yang paling dasar. Dimana berdasarkan asa ini tata ruang yang baik harus mampu menciptakan suasana yang nyaman, aman dan puas terhadap pegawainya.

Tujuan

Keinginan untuk menciptakan tata ruang yang indah bukan berarti tanpa tujuan. Tujuan tata ruang kantor yang baik diantaranya:

  • Ruangan bisa di optimalkan sebaik mungkin.
  • Persyaratan perundang-undangan bisa terpenuhi.
  • Pelayanan yang dibutuhkan selalu tersedia, seperti telepon, listrik, air dan sebagainya.
  • Persyaratan kerja yang baik tersedia untuk setiap pekerja.
  • Melakukan pengawasan terhadap para pekerja.
  • Integritas antar pekerja bisa tercapai.
  • Memperlancar komunikasi antar pegawai.
  • Mempermudah mobilitas juru tata usaha.
  • Mengurangi kegaduhan selama bekerja.
  • Agar antar karyawan tidak saling mengganggu.
  • Untuk memberikan keamanan dan kebebasan.

Manfaat

Selain dibuat dengan beberapa tujuan, penataan ruang kantor yang baik juga mendatangkan beberapa manfaat untuk efektivitas perusahaan Anda. Beberapa manfaat tata ruang kantor, diantaranya bisa mendapatkan tempat kerja yang nyaman, meningkatkan produktivitas pegawai, mengantisipasi pengembangan organisasi, dapat meningkatkan kedisiplinan para pegawai dan juga alur kerja menjadi lebih jelas.

Itu dia penjelasan mengenai tata ruang dalam kantor. Pilihlah jenis-jenis tata ruang kantor yang sesuai dengan bidang perusahaan untuk meningkatkan semangat kerja tim Anda. Untuk inspirasi terkait, simak artikel tips, panduan dan informasi di bidang properti dari Prospeku lainnya.

 

 

 

Link: https://prospeku.com/artikel/tata-ruang-kantor—3023

 

Related post

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

PUPR Sosialisasikan UU Cipta Kerja Bidang Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan peraturan turunan UU No. 11 Tahun 2020 (UU Cipta Kerja) bidang perumahan. UU…
Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor Di Tengah Gelombang Kedua Covid-19?

Mengapa Pertumbuhan Bisnis Properti di India Bisa Mencetak Rekor…

Di paruh pertama 2021, pasar perumahan India tumbuh secara meyakinkan dibanding tahun 2020. Berdasarkan sejumlah data yang dikumpulkan dari Knight Frank…
Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Pasar Properti di Thailand Bersiap Hadapi Perlambatan Pasar

Seluruh subsektor properti di Thailand kecuali kawasan industri dan logistik, diprediksi akan menghadapi perlambatan pasar setidaknya hingga 18 bulan ke depan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *